SMK NEGERI 1 ARJASA

Sekolah Kejuruan, SMK bisa hebat

KEGIATAN UKK SMK NEGERI 1 ARJASA

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan ajang uji kemampuan untuk mendapatkan predikat kompeten bagi siswa SMK. UKK juga sebagai bukti layaknya siswa dikatakan kompeten pada suatu jurusan tertentu. Tujuan pelaksanaan uji kompetesi sebagai indikator kompetensi siswa SMK yang telah melakukan proses pembelajran dan dibuktikan dengan sertifikat  kompensi. UKK ini juga sebagai pengoptimalisasian sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada lulusan siswa yang bermutu dan dapat memenuhi standar pasar industri nasional maupun internasional. Lulusan siswa SMK mempunyai kompetensi dan siap kerja dengan dibuktikan dengan sertifikat kompeten dibidangnya masing-masing.

SMK Negeri 1 Arjasa merupakan sekolah yang melaksanakan UKK pada jurusannya masing-masing. Pelaksanaan UKK TBSM di SMK Negeri 1 Arjasa diujikan oleh penguji internal dan penguji eksternal. Penguji internal  dari guru produktif TBSM SMK Negeri 1 Arjasa sedangkan asesor eksternal dari pihak dudi yakni SBJ yaitu bapak Fidiyanto. Begitu juga dengan pelaksanaan UKK APHPi di SMK Negeri 1 Arjasa diujikan oleh penguji internal dan penguji eksternal. Penguji internal  dari guru produktif APHPi SMK Negeri 1 Arjasa sedangkan asesor eksternal dari Dinas Perikanan Sumenep yaitu bapak Fahror Rozi,S.Pi. Kegiatan UKK ini berlangsung selama satu minggu hari efektif.

Pembukaan kegiatan UKK ini dihadiri oleh kepala sekolah SMK Negeri 1 Arjasa Waka kurikulum dan penguji internal serta penguji eksternal yang dilaksanakan dilapangan SMK Negeri 1 Arjasa.”ini adalah momen penting bagi kami sebagai evaluasi kemampuan siswa dijurusannya masing masing, harapan kami juga siswa mampu mempraktekkan ilmunya di luar sekolah dan mampu bersaing di dunia kerja dengan lulusan diluar sekolah kami”,ujar Kepala Sekolah dengan penuh semangat dan disambut tepuk tangan meriah oleh peserta UKK.